Uncategorized

MENGENAL BERBAGAI KAIN BAHAN JAKET

mengenal berbagai kain bahan jaket

SILAKAN HUBUNGI

CS FITRI TELPN DAN SMS 0823.2733.7727 & WA  0819.3171.3671

Semua orang mengenal jaket baik dari kalangan tua dan anak muda, tetapi belum tentu sudah mengenal berbagai kain bahan jaket. Biasanya dipakai untuk baju luar untuk menahan angin dan menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin. Model jaketpun bermacam-macam, jaket wanita dan pria biasanya berbeda, terutama dari pilihan warna dan modelnya. Jaket memang sudah menjadi pakaian wajib di musim dingin sehingga hampir rata-rata jika bepergian selalu mengenakan jaket.

Jaket mempunyai ciri khas yaitu menggunakan resleting untuk bukaannya hampir semua tetapi ada juga yang menggunakan kancing. Bahkan ada juga jaket yang tidak ada bukaan pada bagian depan. Bahan jaket disesuaikan dengan fungsi dan model jaket. Jika fungsinya untuk menghangatkan tubuh biasanya bahan wol, fleece, dan conduroy. Sedangkan fungsinya hanya untuk style biasanya bahan kulit alami atau sintetis, dan denim. Kalau fungsinya agar tidak basah biasanya bahan taslan atau parasut. Mari kita mengenal berbagai kain bahan jaket berikut ini.

Bahan Parasut

Bahan ini cenderung tahan air atau angin dan tipis sehingga cocok digunakan untuk musim hujan atau kegiatan outdoor di alam. Perawatan jaket bahan parasut biasa nya tidak terlalu sulit, karena mudah dibersihkan dan sebaiknya jangan terlalu sering dicuci. Keawetan bahan jaket jenis ini bisa tahan lama asala tepat perawatannya. Jaket jenis parasut tidak cocok dipakai disaat cuaca panas karena bahannya kedap air dan angin sehingga tidak bisa menyerap keringat. Jenis jaket yang memakai bahan ini antara lain jaket yang digunakan pengendara motor, jaket varsity, dan jaket hoodie. Jaket parasut biasanya lebih banyak dipakai untuk kegiatan outdoor, jadi wajar jika jaket-jaket gunung sebagian besar berbahan parasut.  Hal ini mengacu karena bahan ini tahan air dan angin, sehingga memang sangat diperlukan bagi mereka para pencinta alam.

Bahan Taslan

Sekilas bahan taslan hampir sama seperti bahan parasut, karena sama-sama anti air. Bahan ini populer untuk dijadikan jaket outdoor karena sifatnya waterproof. Berbeda dengan bahan parasut, bahan ini cenderung tebal, lembut dan ringan. Jadi jangan heran jaket-jaket outdoor kebanyakan memakai bahan jenis ini. Bahan ini juga tidak mudah ditembus angin seperti bahan parasut. Kualitas bahan taslan yang tebal dan lembut menjadikan bahan ini juga mempunyai harga yang mahal. Jaket yang berbahan taslan umumnya mahal daripada jaket yang berbahan parasut.

Bahan Fleece

Bahan jenis ini dibuat dari campuran cotton dan wool. Ciri khasnya yaitu mempunyai bulu halus, tekstur yang lembut dan bersifat menyerap air. Cocok untuk menghangatkan badan dilihat dari testur kainnya. Jangan dipakai jika kondisi cuaca terik karena akan membuat gerah. Jaket yang memakai bahan fleece antara lain hoodie, jaket varsity dan sweater. Hampir sama seperti bahan kaos cotton combed. Fleece mempunyai tingkatan juga antara lain cotton fleece, polar fleece dan cvc fleece.

Bahan Baby Terry

Ciri khas memiliki daya serap air tinggi, permukaan lembut, tebal, agak berbulu dan lipatan serat kecil di salah satu sisinya. Bahan ini umum digunakan untuk bahan jaket hoodie, sweater, dan jaket anak. Bahkan ini terbilang nyaman dan adem jika digunakan meskipun tebal. Karena memang terbilang nyaman maka hampir semua menyukai jenis bahan ini. Jadi tidak mempermasalahkan ketebalan bahan jika memang itu nyaman dipakai. Kenapa tidak kan?

Bahan Kulit Asli dan Kulit Sintetis

Keunggulan dari jaket berbahan kulit adalah lebih tahan lama, mampu menahan resapan air dan angin. Sehingga jaket yang kebanyakan memakai bahan jenis ini yaitu rompi atau jaket motor. Bahan kulit dibagi menjadi dua jenis yaitu kulit asli (alami) dan kulit sintetis. Kulit asli biasanya dari kulit domba, kulit kambing, dan kulit sapi. Ciri khas kulit alami adalah mempunyai permukaan agak kasar karena ada tekstur kulit alaminya, lentur dan warnanya cenderung kusam. Sedangkan kulit sintetis memiliki ciri yang relatif kaku, memiliki permukaan halus dan warnanya mengkilap dan tegas.

Bahan Conduroy

Bahan conduroy adalah jenis kain tekstil yang terbuat dari serat kapas tebal yang dipuntir, memiliki tekstur halus. Kain ini terdiri dari tali berumbai yang akan terlihat seperti saluran yang membentuk garis-garis disepanjang kainnya. Jaket yang biasa memakai bahan conduroy antara lain sweater, blazer wanita, dan jaket anak. Bahan ini hanya cocok digunakan untuk jaket yang diperuntukkan untuk musim dingin saja.

Bahan Denim (Jeans)

Pada umumnya bahan jeans hanya dipakai untuk bikin celana jeans saja. Seiring perkembangan jaman bahan ini juga bisa dipakai untuk membuat jaket, topi, rompi atau blazer. Selain itu bahan denim mempunyai corak yang unik dan khas sehingga banyak disukai banyak orang. Teksturnya pun bermacam-macam ada yang lembut atau agak kasar, tidak terlalu lentur dan kuat tentu saja.

Bahan High Twist

Karakteristik bahan ini yaitu memiliki permukaan yang licin dan halus, warnanya mengkilap, tidak mudah kusut. Sehingga banyak digunakan untuk pembuatan blazer wanita. Kekurangan dari kain high twist adalah sifatnya yang panas dan tidak bisa menyerap air dengan baik. Sehingga jarang sekali jaket yang memakai bahan ini. Seseorang biasanya menentukan bahan yang nyaman dipakai daripada hanya mengandalkan harga yang murah.

Itu tadi kain bahan jaket, sekarang kalian dapat mengenal berbagai kain bahan jaket secara mudah dan jelas. Sehingga jika kalian telah mengetahuinya dapat segera langsung menentukan bahan kain mana yang ingin Anda gunakan untuk membuat jaket impianmu. Menjawab pertanyaan dimana tempat bikin jaket berkualitas?maka kami adalah jawabannya, Optimus Konveksi telah berpengalaman dalam melayani pembuatan jaket dengan berbahan kain di atas. Segera hubungi CS Fitri 082327337727 (Telpn/SMS) & 0819.3171.3671 (Whatsapp). Silakan konsultasi bahan dan budget sesuai kantong Anda dan buktikan sendiri.