Uncategorized

Yuk Ulik Sejarah Perkembangan Jaket

sejarah perkembangan jaket

A. Sejarah Jaket

Dahulu jaket hanya dipakai untuk keperluan para pilot pesawat pada saat perang dunia, tetapi desain jaket dahulu sangat berbeda dengan jaket sekarang dan jauh dari kepraktisan. Sejarah Perkembangan Jaket tidak jauh dari masa Perang Dunia. Dahulu jaket benar-benar seperti baju dan celana atau lebih dikenal dengan istilah Flight Bomber Jacket. Konsep pembuatan jaket dimulai pada Perang Dunia I bertujuan untuk menghangatkan suhu tubuh pilot dan para kru pada ketinggian ribuan kaki di udara. Awal 1915 para pilot dari Royal Flying Corps yaitu jasa penerbangan di wilayah Prancis dan Belgia mulai memakai jaket berbahan kulit berlengan panjang dan mulai dengan era trend Leather Flight Jackets.

Memasuki PD II di saat pesawat terbang sudah mulai tinggi jarak tempuhnya sekitar 25.000 kaki dan temperatur bisa di bawah nol derajat celcius dimulailah era Shearling Flight Jacket, yaitu Bomber Flight Jacket dengan lapisan wool di dalamnya yang menjadi salah satu jaket terhangat di zaman itu. Pada tahun 1950-an angkatan udara Amerika Serikat mengeluarkan aturan baru demi kenyamanan dan keselamatan penerbangan, sehingga tercipta jaket berbahan nylon atau disebut era flight jacket. Meskipun telah tercipta jaket bukan dari bahan kulit tetapi produksi jaket berbahan kulit masih diproduksi. Tujuannya bukan untuk fashion saja tetapi lebih untuk mengenang jasa bomber pilot yang berjaya pada masa itu. Sejarah perkembangan jaket memang sangat panjang dengan berbagai liku-liku model dan fungsi di masa itu.

Pada masa itu jaket identik dengan kaum pria ketimbang wanita, karena memang fungsinya untuk menghangatkan tubuh para pilot pesawat tempur. Semakin berkembangnya fashion jaket maka kini jaket bersifat universal. Kaum wanita pun juga bisa menggunakannya. Sekarang jaket telah bertambah fungsinya tak hanya untuk menghangatkan tubuh. Tetapi juga dijadikan sebagai sarana fashion yang bisa dikenakan segala golongan usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Jadi tak heran pakaian ini menjadi baju favorit bagi semua kalangan.

Jenis jaket pun mulai bervariasi tergantung dari fungsi jaket itu sendiri, misal seperti jaket kulit, jaket casual, jaket jeans, jaket bulu, jaket motor, jaket outdoor. Bahkan jaket yang dulunya hanya digunakan disaat musim dingin bisa dipakai di iklim tropis sekalipun. Semakin banyak jenis jaket maka bahan pembuatan jaket pun semakin banyak jenisnya. Ada yang terbuat dari kulit sintetis, parasut, kulit asli, taslan, wool, nylon, dan katun. Warna-warna jaket yang dulu cenderung warna abu, coklat dan hitam sekarang berbagai macam jaket tersedia. Ditambah juga aksesoris dengan tulisan bordir atau sablon bahkan dengan bermain perpaduan warna-warna yang semakin keren. Desain jaket disesuaikan dengan perkembangan jaman, biasanya diikuti oleh style yang sedang berkembang di jaman itu.

Jaket pun menjadi trend yang selalu up to date. Sehingga para perancang busana pun menciptakan berbagai model dengan berbagai keunikan. Trend yang dulu sempat booming pun terkadang dimunculkan kembali. Kenapa?karena model pakaian hanya berputar-putar seperti itu. Sifat manusia yang memang cepat bosan dengan model-model yang seperti itu. Sehingga menjadikan model-model yang dahulu dimunculkan kembali.

B. Bikin Jaket Di Optimus Konveksi

Nah kalian jadi paham kan sejarah perkembangan jaket dari dulu sampai sekarang. Kami menawarkan untuk Anda dalam kerjasama membuat jaket dengan berbagai model dan bahan yang Anda inginkan. Kami siap melayani Anda 24 jam non stop. Jangan khawati bagi Anda yang berada di luar Jawa karena kami telah berpengalaman sebagai konveksi online terpercaya selama 2 tahun. Optimus Konveksi mempunyai tenaga ahli desain dan penjahit yang trampil sehingga menciptakan hasil jahitan yang berkualitas. Segera hubungi customer service kami disini.

Silakan hubungi CS Fitri 082327337727 (Telpn/SMS) & 0819.3171.3671 (Whatsapp)