Uncategorized

Bahan dan Fungsi Jas Laboratorium

Bahan dan fungsi jas laboratorium
BAHAN DAN FUNGSI JAS LABORATORIUM

Nyaman atau tidaknya ditentukan bahan pakaian yang digunakan, sedangkan yang kedua adalah jahitannya yang rapi sesuai potongan polanya. Bahan pakaian menentukan rasa nyaman ketika memakainya. Jika terlalu tebal dengan serat kain kasar cenderung cepat gerah, bahan pakaian yang nyaman sebenarnya seperti apa sih? Tentu saja lembut, tidak terlalu tipis dan tebal dan serat pakaian halus. Jika membahas jas laboratorium tentu saja berkaitan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan laboratorium. Pekerjaan yang membutuhkan rasa aman dan nyaman ketika melakukan eksprimen di laboratorium. Sehingga dibutuhkan pakaian yang dapat digunakan untuk melindungi dari cipratan zat-zat kimia.

Bahan yang digunakan pun juga harus memilih yang terbaik dan berkualitas tapi tidak murahan. Penggunaan jas laboratorium memang sudah menjadi kewajiban, jas laboratorium bukan atribut semata untuk pertanda penelitian tetapi mempunyai beberapa fungsi di dalam laboratorium. Mari kita bahas fungsi-fungsi dari jas laboratorium sebagai berikut

1. Melindungi dari Cairan Kimia

Bekerja di laboratorium identik dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya. Maka seorang pekerja laborat wajib memakai jas laboratorium untuk melindungi badan dari bahaya cipratan bahan kimia yang mungkin saja akan mengenai kulit.

2. Mencegah Kontaminasi Langsung dengan Zat Kimia

Sebagai seorang pekerja laborat berhubungan dengan zat kimia berbahaya sudah menjadi pekerjaan utamanya, untuk itu agar tidak terjadi kontaminasi dengan zat kimia setelah melakukan penelitian di laboratorium diwajibkan memakai jas ini. Sehingga fungsi jas ini meminimalisir terjadinya kontaminasi silang, baik dari luar ke laboratorium maupun sebaliknya.

3. Melindungi Pakaian dari Noda Zat Kimia

Zat kimia sangat berbahaya untuk kulit, dan bisa saja zat kimia itu mengenai pakaian kita sehingga meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Agar pakaian bersih dari zat kimia maka pemakaian jas laboratorium sebagai pakaian luar sangat diwajibkan.

4. Memudahkan aktivitas

Agar tidak terjadi kontaminasi maka dibutuhkan jas laboratorium sehingga segala macam zat kimia di laboratorium tidak mengenai baju dalam.

5. Terhindari dari Percikan Api

Desain jas lab dibikin longgar dan besar serta mudah dilepas, tujuan nya ketika terkena percikan api dari zat kimia, jas mudah dilepaskan.

6. Profesionalisme

Seperti pekerjaan lain yang membutuhkan seragam khusus, yang mana merupakan profesionalisme kerja masing-masing, tak terkecuali pekerja laborat. Mereka memakai jas lab juga bagian dari profesionalisme kerja.

Itulah kegunaan dari jas laboratorium, cukup penting bukan? Oleh karena itu jangan menyepelekan penggunaan jas Laboratorium ketika bekerja di dalam lab. Secara pekerja laborat selalu kontak dengan bahan-bahan kimia. Dan gunakan juga pada tempatnya, pilihlah jas laboratorium yang berlengan panjang, tidak panas, dapat menyerap bahan kimia dan mudah dibersihkan.
Jika Anda ingin memesan jas laboratorium dengan harga murah dan berkualitas silakan kontak kami di tempatbikinseragam.com. Silakan chat customer service kami untuk pengadaan jas laboratorium dalam partai kecil dan besar. Kami telah berpengalaman dalam memproduksi jas lab dengan berbagai macam bahan.