Uncategorized

PERBEDAAN BLAZER DAN JAS

Perbedaan blazer dan jas

Perbedaan blazer dan jas

Apa yang terlintas ketika mendengar blazer atau jas? Hampir mirip ya bentuknya hanya yang membedakan itu di model potongan nya. Blazer sifatnya lebih semi formal atau informal sedangkan jas lebih ke formal. Warna jas lebih cenderung hitam legam sedangkan blazer bisa dengan warna-warna cerah atau blazer dengan kombinasi batik. Blazer lebih fashionable ketimbang jas, blazer memiliki banyak model sehingga bisa dibedakan antara blazer untuk laki-laki atau wanita. Sebelum memilih untuk membeli blazer alangkah baik untuk mengenali ciri-ciri blazer. Mari kita bahas terdahulu mengenai blazer. Secara garis besar blazer dibedakan berdasarkan kancing atau penutup depan blazer. Ada dua macam kancing yang digunakan yaitu kancing mendatar dan kancing menurun.

Dilihat dari kancing yang mendatar, blazer ada dua jenis yaitu single – brested blazer (blazer kancing tunggal) dan double – brested blazer (blazer kancing dua). Sedangkan blazer kancing yang menurun ada 4 jenis yaitu blazer kancing satu, blazer kancing dua, blazer kancing tiga, dan blazer kancing banyak.

Blazer jenis kancing menurun
  1. Blazer kancing satu
    Cocok untuk wanita yang ingin tampil terlihat ramping atau sebagai kamuflase agar terlihat ramping. Inipun tergantung selera karena setiap wanita ada yang menyukai dan ada yang tidak menyukainya, karena kancing diletakkan persis di lingkar pinggang paling kecil maka pusat perhatian pada pinggang.
  2.  Blazer kancing dua
    Blazer berkancing dua cocok digunakan untuk pria dan wanita. Cocok digunakan untuk acara semi formal dan formal. Blazer jenis ini lebih terlihat fleksibel dipakai oleh siapa saja karena tidak begitu menonjolkan bagian pinggang.
  3. Blazer kancing tiga
    Cocok digunakan oleh orang bertubuh tinggi, karena posisi kancing yang banyak sehingga lebih sesuai jika dipakai orang dengan postur badan tinggi.
  4. Blazer kancing banyak
Blazer jenis kancing mendatar
  1. Single brested blazer
    Hampir mirip dengan blazer dengan kancing menurun, blazer dengan single brested lebih cocok untuk acara santai atau semi formal. Jadi kurang begitu cocok untuk acara resmi untuk bertemu klien atau rapat.
  2. Double brested blazer
    Kebalikan dari single brested, blazer jenis ini cocok untuk acara formal seperti bertemu klien atau rapat di tempat kerja. Ketika berpakaian harus mengutamakan kecocokan sehingga kepercayaan diri si pemakai semakin meningkat.

Dengan penjelasan di atas kita jadi tahu blazer itu seperti apa. Sekarang mari bahas tentang jas. Jas merupakan pakaian dari Eropa dan termasuk pakaian resmi dengan lengan panjang dan dipakai di luar kemeja. Jas yang umum dipakai sekarang mempunyai nama lain yaitu jas launs, pakaian ini berasal dari Inggris dan merupakan pakaian jas standar sampai sekarang. Menjadi pakaian resmi untuk bekerja di kantor, lengkap dengan kemeja dan dasi.

Jas biasanya dikerjakan oleh seorang tailor profesional di bidang jas, jadi harus diukur terlebih dahulu sehingga sesuai dengan bentuk badan. Sehingga harganya relatif lebih mahal, berbeda dengan jas yang diproduksi masal. Karena jas sifatnya lebih ke resmi formal sehingga modelnya pun tidak sebanyak blazer.

Baca juga ulasan tentang jas pondok